Honda Civic Ferio, Ulasan dan Spesifikasi

Honda Civic Ferio adalah mobil berjenis sedan kompak yang dikeluarkan Honda mulai tahun 1996 sampai tahun 2000, Honda Civic Ferio merupakan generasi ke 6 dari honda Civic, keluarnya Ferio tahun 1996 ini sekaligus juga menandai berakhirnya produksi Civic Genio sebagai generasi pendahulu Ferio, Civic Ferio digantikan oleh New Civic yang keluar mulai tahun 2000 sampai 2005.
Civic Ferio Ngetren
Honda Civic Ferio pada jamannya (tahun 90an) sangat ngetrend terutama untuk anak-anak muda yang menginginkan mobil dengan kecepatan, image mewah dan +sporty, dan berkualitas tinggi. Penghobi Civic Ferio ini sampai sekarang masih fanatik dengan mobil ini, mereka menyenangi mengendarainya karea mungkin banyak kenangan saat dulu memakainya :-)
Honda Civic Ferio masuk dalam jajaran lini mobil Sport Honda sehingga jika dikatakan teknologi mobil ini paling maju dijamannya tidaklah berlebihan, berbagai teknologi yang melompati jamannya disematkan ambil contoh:
* Headlamp Civic Ferio yang sudah memakai lapu kristal, padahal 2 pesaing beratnya yakni Corolla All New dan Lancer Evo 4 masih dengan lampu buramnya
* Teknologi mesin yang sudah memakai VTEC
* Sistem suspensi memakai double wishbone
* Tenaga yang besar yakni 125 Hp, cukup berkelas di jamannya
Secara teknis Honda Civic Ferio adalah mobil sedan berdimensi kompak (kecil), dengan lekuk-lekuk body mobil yang halus cukup enak dilihat sampai saat ini (banyak yang mengatakan desainnya abadi), rival utama mobil ini adalah Toyota Corolla All New dan Mitsubishi Lancer Evo4.
Keunggulan Civic Ferio
Beberapa keunggulan Honda Civic Ferio yang menjadi daya tarik hingga saat ini adalah:
- Konsumsi BBM yang irit, dengan teknologi VTEC-e (Economy) yang mengkhususkan diri pada pengoptimalan konsumsi BBM mobil, bahkan beberapa pemilik mobil ini ada yang mengatakan sampai saat ini konsumsi BBM Honda Civic Ferio adalah 1 : 20 (1 liter untuk 20 km) jalan bebas hambatan, termasuk irit bukan untuk mobil tahun 90an dengan kapasitas mesin 1600 cc
- Tenaga yang besar terutama untuk putaran mesin menengah-atas, Honda Civic Ferio secara teknis memilki kemampuan mesin hingga 125 Hp (horse power) pada putaran 6400 Rpm, sebuah tenaga yang besar di jamannya bahkan sampai saat ini. Bandingkan dengan Toyota Yaris terbaru yang keluar 20 tahun kemudian tenaganya hanya 110 Hp...
- Harga yang cukup murah saat ini, di pasaran honda Civic Ferio ini antara 60 juta sampai 90 juta tergantung seberapa Original barang, baik/ tidaknya perawatan, dan tahun keluar. Untuk tahun-tahun awal keluar misalnya tahun 1996-1997 biasanya rentang harganya termurah yakni 60 jutaan sedangkan tahun 1999-2000 an rentang harganya termahal sampai 90 juta.
Semakin terawat mobil, semakin baru mobil, semakin orisinil mobil, apa lagi tangan pertama maka mobil-mobil klasik seperti Ferio dihargai lebih mahal.
- Desain klasik yang manis, ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang yang menginginkan mobil lama tapi masih enak dipandang
- Sparepart melimpah, nah mobil ini termasuk yang memiliki ketersediaan sparepart banyak
- Kenyamanan masih sangat baik dengan suspensi, AC dan volume kabin yang cukup besar.
- Purna jual stabil, kisaran harga mobil ini ya segitu-gitu aja stabil di kisaran 60 sampai 90 juta
Kelemahan Honda Civic Ferio
Mobil lawas memang banyak yang menyukai akan tetapi pecinta otomotif juga harus waspada karena semakin lama logam/ karet juga bisa aus terlebih usia mobil sudah tak muda lagi yakni 20 tahun.
Beberapa kekurangan Honda Civic Ferio antara lain:
- Interior sederhana, untuk kebutuhan mobil jaman sekarang memang dirasa kurang. Misalnya sistem audio/ entertaiment masih klasik dengan kaset/ tape, tidak ada perangkat nafigasi dan juga sistem keselamatan yang memadai (hanya sabuk pengaman)
- Kaki-kaki perlu di service (bushing arm dan shock), karena usia yang cukup uzur biasanya per-per perlu dibenah lagi agar standar, karet-karat sil yang getas juga perlu diganti agar tidak ada kebocoran
- Pada putaran bawah mesin mobil ini kurang bertenaga meskipun mesin sudah berteknologi SOHC.
Spesifikasi Civic Ferio
* Kode Sasis : EK.
* Kode Mesin : D16Y5
* Kapasitas dan Teknologi mesin : 1,6 liter atau 1600 cc, memakai 4 silinder segaris 16 katup berteknologi SOHC.
* Tenaga maksimum : 125 HP pada putaran mesin 6.400 RPM
* Torsi puncak : 148 Nm pada putaran mesin 5.500 RPM
* Konsumsi BBM : 7-10km / liter (dalam kota), 10-13km / liter (luar kota).
* Transmisi: manual 5 kecepatan, otomatis.4 kecepatan
* Suspensi : Depan belakang memakai Double wishbone independen
* Rival : Toyota Corolla All New, Mitsubishi Lancer CK4, dan Mazda 323 Familia.
* Tahun penjualan: 1996-2000
* Harga sekarang: 60 sampai 90 juta tergantung kondisi
Akhir Ferio
Di tahun 2000 Civic Ferio mengeluarkan fersi facelift yang sekaligus sebagai varian terakhir Ferio, cukup singkat untuk sebuah mobil (hanya 4 tahun), akan tetapi penjualan mobil ini bisa dibilang memuaskan dimana ia berhasil menghadang Toyota Great Corolla dan Mitsubishi Lancer CB5.
Di tahun 2000 pula hadir generasi ke 7 dari Honda Civic alias penerus dari Ferio yakni New Civic yang diproduksi selama 5 tahun dari tahin 2000 sampai tahun 2005, kemudian pada tahun 2006 keluar lagi generasi ke 8 yang diberi nama All New Civic.
All New Civic ini sampai sekarang (saat artikel ini ditulis 2015) menjadi yang terbaru, meskipun di Luar negri sudah ada generasi ke 9.

4 Responses to "Honda Civic Ferio, Ulasan dan Spesifikasi"

  1. Coment nya detail semua...Karna berdasarkan pengalaman pemakai. Terima kasih sebagai input tuk pemakai pemula sedan...yg jelas belum bisa ambil kesimpulan...alias galau...

    BalasHapus
  2. Sangat memuaskan infonya gan.terima kasih banyak.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus