Mesin Turbo adalah?

Mesin turbo atau mesin berteknologi turbo sekarang sudah banyak disematkan pada mobil baik mobil diesel ataupun bensin, nah apa yang dimaksud dengan mesin turbo? hal ini menjadi pertanyaan yang cukup banyak masuk ke redaksi www.mobilku.org. Awalnya teknologi turbo banyak disematkan pada mobil diesel untuk menambah daya tariknya pada putaran mesin tertentu akan tetapi sekarang mobil bermesin bensin juga banyak memakai teknologi turbo untuk memperbesar tarikan/ hentakan kecepatan pada putaran mesin tertentu.

Teknologi turbo memang ditujukan untuk meningkatkan tenaga mobil secara spontan ketika Rpm mesin menyentuh titik tertentu misalnya 4000 Rpm atau yang lain, peningkatan tenaga ini bisa memberikan sensasi pada driver seperti mengendarai mobil sport, seperti saat menyentuh Rpm tertentu maka turbo akan aktif dan terjadi lonjakan tenaga dan mobil seperti di dorong dari belakang.
Lantas teknologi apakah yang dibenamkan pada mesin sebenarnya? Teknologi turbo ini sebenarnya adalah ditambahkannya alat yang befungsi menambah pasokan udara pada ruang bakar. Memanfaatkan sebuah kipas yang diputar oleh gas buang untuk menarik udara bersih masuk pada ruang bakar dalam waktu tertentu, komponen utama turbo adalah kipas turbin, kipas kompresor, as dan body.
Cara kerjanya adalah kipas turbin akan berputar ketika terkena gas buang, putaran dari kipas turbin akan memutar kipas kompresor, kemudian kipas kompresor akan menghisap udara bersih dan memasukkannya ke dalam silinder/ ruang bakar melalui intake manifold, penambahan udara berarti menambah oksigen yang befungsi untuk mempercepat pembakaran.

Mengendarai Mobil Turbo
Sederhana bukan mesin turbo ini? turbo ini berbeda-beda tiap mobil (pada rpm berapa turbo aktif), nah untuk pecinta otomotif juga harus menyesuaikan terhadap mesin turbo ketika mengendarainya..jangan kaget
Injak gas secara bervariasi untuk menjajal mesin dan beradaptasi, ketahui pada rpm berapa turbo aktif...hentakan yang tak diduga bisa membuat lose of control (kehilangan kendali) saat mengemudi, intinya biasakanlah terlebih dahulu
Mesin Mercedes memakai 4 turbo
Oh iya biasanya sebelum turbo aktif terdapat pengurangan tenaga, kemudian tenaga meningkat dengan cepat. hal ini lumrah terjadi pada mesin turbo dan dinamakan turbo lag.

0 Response to "Mesin Turbo adalah?"